Pages

Sabtu, 11 Februari 2012

Keutamaan bulan ramadhan

Ramadhan adalah bulan penuh kebaikan, berkah dan keutamaan dari Alloh. Diantara keutamaannya adalah :
 
1. Bulan Al Quran
Pada bulan ini Alloh Ta’ala menurunkan Kitab-Nya yang mulia sebagai petunjuk bagi manusia. Penyembuh bagi orang-orang yang beriman. Membimbing kepada jalan yang sangat lurus. Memperjelas kebajikan.

Alloh Ta’ala berfirman :” (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penejelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir ( di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa…( QS. Al-Baqarah : 185).
….”maka bila salah seorang dari kamu menyaksikan bulan itu, maka wajiblah berpuasa…” memberikan isyarat kepada kita bahwa sebab dipilihnya Ramadhan sebagai bulan puasa adalah diturunkannya al-Qur’an di bulan tersebut.

2. Dibelenggunya syaitan dan Ditutupnya pintu-pintu neraka serta Dibukanya pintu-pintu syurga.
Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : “Apabila malam pertama bulan Ramadhan tiba, syaitan-syaitan dan jin jahat dibelenggu. Pintu-pintu neraka pun ditutup sehingga tidak ada satu pintu pun darinya terbuka dan pintu-pintu syurga dibuka hingga tidak ada satu pintu pun yang tertutup. Kemudian, ada seorang penyeru yang berseru,”Wahai pencari kebaikan, sambutlah. Wahai, pencari kejahatan, berhentilah. Maka Allah membebaskan orang-orang dari neraka, dan itu berlangsung pada setiap malam.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Hadits Hasan)

3. Terdapat Lailatul Qadar di dalamnya

Lailatul Qadar disebut malam yang agung karena beribadah pada malam itu lebih baik dari pada beribadah seribu bulan. "Sesungguhnya Kami telah menurunkan (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun Malaikat-Malaikat dan Malaikat Jibril dengan ijin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”(QS Al Qodar: 1-5)
Dari Aisyah radhiallahu anha, dia bercerita :”Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam selalu bangun pada sepuluh malam terakhir pada bulan Ramadhan seraya bersabda :”Dapatkanlah dalam riwayat yang lain ‘Carilah’ Lailatul Qadar pada malam ganjil dari sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan.”( HR Bukhori(IV/221) dan Muslim(1165)).

Dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaannya. Semoga kita semua bisa mendapatkannya. Aamiin..!
Oleh : Ummu Tholhah 
Buletin Shalihah edisi 06 Juli 2011, Rubrik serpihan utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar