Pages

Jumat, 10 Februari 2012

Tips-Tips Buat Remaja...

Marhaban yaa ramadhan,
Hati senang dan wajah ceria menyambut ramadhan yang mulia. Ramadhan merupakan wadah untuk melakukan amalan-amalan yang baik. Pahala pun dilipatgandakan. 

Orang-orang muslim saling berlomba untuk beramal sholeh. Shaum di bulan yang suci ini merupakan kewajiban bagi setiap orang yang beriman. Tentu  saja harus dibarengi dengan niat yang tulus dan hanya mencari ridha Alloh. Shaum ini juga dapat menggugurkan dosa-dosa kita sebagaimana sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam : “ Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhori (IV/99)  dan Muslim (759).

Memang banyak sekali godaan di bulan ramadhan ini buat orang yang berpuasa.  Panas terik membuat kerongkongan kering, namun harus menahan dahaga. Semua itu ujian bagi yang berpuasa.

Bagi yang bertakwa, mereka tak kan tergoda sedikit pun. Apalagi sampai membatalkan puasanya, mengingat besarnya balasan pahala dari Alloh.

Kawan,  berkacalah pada diri sendiri. Apakah kita sudah berpuasa karena Alloh ? Ataukah kita berpuasa karena  ingin dibilang orang sholeh ? Atau karena pujian orangtua dan guru kita ?Alangkah baiknya jika instrospeksi diri. Bertanya pada diri sendiri , sempurnakah puasa yang kita lakukan ?  Atau hanya di depan orang lain kita berpura-pura “lemas” padahal kita sebenarnya tidak berpuasa ?

Ada beberapa cara untuk menghindari "bolos puasa" :
1. Selalu merasa diawasi Alloh (Ihsan), di manapun kita berada dan dengan siapa saja kita bergaul, tetap jaga puasa kita.
2. Jauhi teman-teman kita  yang menurut kita tidak baik. Sering mempengaruhi untuk jajan dan makan di siang hari.
3. Dekatilah teman-teman yang sekiranya dapat menguatkan iman kita. Dapat memotivasi kita agar puasanya ‘full’.
4. Hadirilah majelis-majelis ilmu. Dengan ilmu kita dapat menjaga diri kita sendiri.
5. Melakukan persiapan dengan baik.

Persiapan Akal. Menambah wawasan/pengetahuan tentang Ramadhan. Bagaimana adab, etika & fiqih ramadhan. Persiapan ini bisa dilakukan dengan membeli buku tentang fiqih Ramadhan, buletin , atau pun di media massa lainnya.
Contoh:
Tentang sahur dan berbuka: "Ada 3 akhlak para Rosul: menyegerakan berbuka, mengakhirkan sahur dan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri ketika shalat." (HR. Thabrani) "Bagi siapa yang berpuasa dan ketika berbuka membaca doa, maka doanya tidak ditolak." (HR. Ibnu Majah)

Persiapan hati. Persiapan ini diharapkan untuk melahirkan spirit, kerinduan dan kecintaan kepada Alloh Ta’ala. Persiapan ini berupa perbanyak ibadah-ibadah sunnah sehingga jiwa dan mental menjadi lebih siap menyambut Ramadhan. Contohnya adalah perbanyak shaum sunnah di bulan Sya'ban.

Persiapan fisik.  Persiapan fisik yaitu dnengan menjaga kesehatan, makan makanan yang halal dan thoyib, dan seimbang, tetap teratur berolahraga. Karena Rosululloh lebih menyukai muslim yang kuat dibanding muslim yang lemah.

Persiapan lingkungan dan rumah. Jadikan mulai Ramadhan kali ini berbeda dari biasanya. Buatlah suasana rumah lebih berpengaruh ke setiap anggota keluarga sehingga spirit Ramadhan tetap terjaga.

Membuat komitmen dengan keluarga ttg pencapaian yg ingin diraih di Ramadhan ini. Evaluasi pula pencapaian Ramadhan kemarin. Buat target yang lebih tinggi dari pencapaian tahun lalu. Kemudian mintalah setiap anggota keluarga untuk mengingatkan dan mengevaluasi kegiatan harian/mingguan. Apa saja yang di evaluasi? Misalnya:
1. Tilawah quran (minimal 1 hari 1 juz)
2. Sholat malam
3. Infaq/shodaqoh
4. Sholat wajib berjamaah di masjid
5. Tarawih di masjid
6. Mengikuti Kajian Islam (minimal 1 x per pekan)
7. Hafalan Al Qur'an

Membiasakan diri dengan aktivitas-aktifitas/perilaku baik yg menunjukkan kita siap menghadapi Ramadhan.  Misal, bertekad menjauhi maksiat mulai detik ini dan seterusnya, dengan banyak tilawah qur’an, menghadiri majelis ta'lim, menjauhi teman-teman buruk, dll.

Itulah Kiat-kiat agar kita dapat meraih kemenangan Ramadhan.  Mari kita sambut Ramadhan dengan penuh suka cita, karena mungkin ini adalah Ramadhan terakhir kita. Semoga Alloh menjauhkan kita dari hal-hal yang dapat menurunkan keimanan kita. Mengampuni kita semua di bulan ramdhan ini. 

Oleh : Fida Zunna feat Ummu Tholhah
Buletin Shalihah edisi 06 Juli 2011, Rubrik My tips.


1 komentar: