Pages

Jumat, 10 Februari 2012

Puasa dalam tinjauan medis

Dalam bulan ramadhan yang penuh berkah, Alloh Ta’ala memerintahkan hamba-Nya, muslim dan muslimah untuk berpuasa. Perintah berpuasa ini tidaklah sebanding dengan kasih sayang dan rahmat Alloh kepada kaum muslimin. Sebab di dalamnya terkanding hikmah yang besar.

Salah satunya adalah masalah kesehatan.  Pada saat berpuasa, tubuh dikasih kesempatan untuk beristirahat dalam aktifitas pencernaannya. Bagi yang komitmen menjalankan puasa ini akan mendapatkan kebajikan baik fisik maupun jiwa. Alloh Ta’ala berfirman : …”Barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”(QS Al-Baqarah :184)

Pengaruh Puasa Bagi Tubuh Manusia

Pengaruh positif dari puasa ini adalah menyeimbangkan fungsional sel-sel tubuh. Ini berdasarkan kajian-kajian kimiawi dan laboratori. Apa sebenarnya yang terjadi pada tubuh manusia pada saat puasa ?

1. Pembaharuan sel-sel tubuh
Keasaman yang berasal saat makan sahur, yaitu asam amino akan membentuk sel-sel baru. Saat puasa, organ-organ dapat beristirahat dari mengolah makanan, hingga energi dapat digunakan untuk membentuk sel-sel baru. Sel-sel baru akan disebarkan sesuai keperluan tubuh hingga dapat mendatangkan dan menambah kesehatan bagi tubuh. Beberapa hari setelah puasa (5-7 hari) sel darah putih akan meningkat. Sel darah putih ini berfungsi untuk meningkatkan antibody/daya imun tubuh. Indikasinya suhu tubuh meningkat.

2. Manfaat Bagi Hati / liver
Pada saat tidak puasa lemak akan terkumpul di hati/liver. Nah pada saat puasa, ketika perut dikosongkan, lemak-lemak ini akan dibersihkan . Ini bisa ditunjang jika asupan gizi juga tidak sarat lemak. Insya Alloh terhindar dari Cirrosis Liver ( gangguan pada jaringan hati). Inilah fakta mengagumkan dari manfa’at puasa bagi tubuh kita.

3. Membersihkan Tubuh dari Berbagai Jenis Racun
Saat puasa, lemak yang tadinya tertimbun di hati akan keluar melebur bersama racun yang ada di dalamnya, dan hilang tak berbekas. Ini karena sel-sel tubuh berada pada  puncak paling optimal untyuk melakukan tugasnya. Dan bakteri pun diganyang tanpa ampun ! Subhaanalloh !

Begitulah, puasa bisa dikatakan sebagai sertifikat bagi kesehatan tubuh. Karena racun hilang dan terbentuklah sel-sel tubuh baru.

Kesalahan Dalam Menjalankan Puasa

Melalui ramadhan,  kita mendapatkan kesehatan yang optimal. Tapi seringkali terjadi pada saat Idul Fitri  banyak yang sakit.  Mengapa hal itu bisa terjadi ? Ada beberapa faktor penyebabnya :

1. Tidak menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur. Seharusnya menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur.

2. Berbuka dengan beragam jenis makanan secara berlebihan
Seharusnya : Berbuka dengan kurma, jika tidak ada dengan iar putih. Karena keduanya akan membersihkan perut.

3. Memakan makanan yang berat-berat hingga membuat organ pencernaan bekerja berat.

4. Melahap semua makanan yang tersaji saat berbuka tanpa sisa. Yang dicintohkan Nabi : Berbuka sekedarnya, shalat maghrib, barulah menyempurnakan makannya.

Seandainya manusia tahu akan manfaat puasa tersebut di atas, niscaya mereka akan berlomba-lomba untuk melaksanakannya sebaik  mungkin. Namun hawa nafsu seringkali lebih muncul ke permukaan.

Jadi pembaca yang dirahmati Alloh, sambutlah ramadhan dengan penuh kegembiraan. Karena di dalamnya banyak sekali keutamaan-keutamaan. Baik bagi fisik maupun jiwa.Yakinlah, dibalik perintah berpuasa Alloh memberikan yang terbaik buat kita. Wallohu A’lam.

Oleh : Ummu Shuhaib khalid
Buletin Shalihah edisi 06 Juli 2011, Rubrik Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar